Panduan Praktis Agar Baterai iPhone Lebih Awet

5 April 2018

Penggunaan gadget canggih memang penting untuk mendukung beragam aktivitas. Salah satu yang paling unggul adalah handphone iPhone. Reputasi iPhone sebagai brand smartphone terbaik tentu tak perlu diragukan lagi. Namun, Anda tetap harus cermat menggunakan iPhone kesayangan Anda supaya lebih tahan lama.

Panduan Praktis Agar Baterai iPhone Lebih Awet

Panduan Praktis Agar Baterai iPhone Lebih Awet

Masalah iPhone yang cepat kehabisan baterai mungkin kerap dialami banyak orang, termasuk Anda. Kini Anda tak akan mengalaminya lagi bila Anda melakukan panduan praktis berikut ini:

Uninstall Aplikasi yang Tidak Dipakai

Jangan malas mengontrol aplikasi yang ada pada iPhone Anda. Sebab tidak semua aplikasi tersebut pasti bermanfaat bagi Anda. Solusinya, Anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Maka kapasitas penyimpanan di iPhone Anda akan menjadi lebih besar dan bisa digunakan untuk aplikasi yang lebih bermanfaat.

Mengaktifkan Low Power Mode

Cara mengaktifkan low power mode sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke opsi setting, battery, kemudian aktifkan low power mode. Anda bisa menghemat baterai hingga 30% jika mengaktifkan mode ini. Karena low power mode akan membuat kualitas visual iPhone menjadi lebih rendah. Pengaturan fitur lain seperti unduhan email dan Siri pun akan dibatasi.

Menonaktifkan Fitur Lokasi

Jangan lupa menonaktifkan fitur lokasi pada iPhone ketika Anda sedang tidak menggunakannya. Meskipun tampak sederhana, fitur ini dapat menyita kinerja baterai Anda. Sebab iPhone akan terus melakukan update lokasi saat fitur tersebut diaktifkan. Masuklah ke opsi setting, privacy, dan location services untuk mengatur aktivasi fitur lokasi pada iPhone.

Menonaktifkan Konektivitas yang Tak Digunakan

Anda pasti tak selalu menggunakan jaringan wifi atau bluetooth pada iPhone. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menonaktifkan konektivitas tersebut pada waktu-waktu tertentu. Selain menghemat baterai, Anda pun berkesempatan menghemat kuota internet. Karena iPhone Anda tak akan melakukan update otomatis saat konektivitasnya dinonaktifkan.

Mematikan Widget yang Tidak Bermanfaat

Beberapa widget yang di-update secara real time juga turut mempengaruhi penggunaan baterai iPhone. Widget berupa kalender, cuaca, dan stock tentu tidak menjadi prioritas Anda. Alangkah lebih baik bila Anda menonaktifkan widget tersebut demi menghemat penggunaan baterai. Terutama sewaktu Anda sedang tidak memiliki akses charging yang memadai.

Menghapus Aplikasi Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh netizen. Kendati demikian, Anda tak harus menggunakan aplikasi Facebook di iPhone. Karena aplikasi ini dikenal sangat boros baterai. Bagian background Facebook menjadi komponen yang paling boros baterai di iOS. Kalau Anda menghapus aplikasi Facebook, Anda masih bisa mengaksesnya melalui aplikasi browser.

Mengurangi Durasi Auto Lock

Semakin lama layar iPhone menyala, maka semakin besar pula kapasitas baterai yang dibutuhkan. Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengurangi durasi auto lock. Sehingga layar iPhone Anda lebih cepat padam ketika tidak digunakan. Masuklah ke opsi settings, general, dan auto lock. Kemudian pilihlah durasi auto lock yang paling singkat, yaitu 30 detik.

Menonaktifkan Fitur Reducing Motion

Tampilan animasi iPhone yang dinamis memang sangat menarik. Sayangnya, efek animasi tersebut juga membuat daya baterai Anda cepat terkuras habis. Untuk menonaktifkan fitur reducin motion, pilihlah opsi settings, accessibility, reduce motion. Tampilan iPhone yang lebih sederhana tanpa animasi justru membuat baterainya lebih awet.

Niscaya Anda tak akan menghadapi kendala baterai cepat habis lagi jika nanti sudah mempraktikkan ulasan ini. iPhone yang aktif lebih lama akan mendukung aktivitas mobile Anda semaksimal mungkin.

1 komentar pada artikel "Panduan Praktis Agar Baterai iPhone Lebih Awet"

  1. Hance berkata:

    Cukup membantu tipsnya.. Lumayan jadinya sekarang baterai iphone ku..

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+