Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

17 November 2017

Sebagai manusia, hubungan kita dengan penerbangan telah berubah secara signifikan dari beberapa abad yang lalu. Perjalanan udara telah berkembang dari fantasi menjadi mode transportasi umum dan banyak digunakan saat ini. Menurut sebuah laporan di jurnal Research in Transportation Economics , perjalanan udara ternyata lebih aman dalam hal kematian daripada mode transportasi umum lainnya seperti mobil, feri, kereta bawah tanah, kereta api, dan bus. Meskipun begitu, terkadang ada saat dimana seseorang akan merasa takut saat ingin naik pesawat, seperti ketika pesawat mulai lepas landas atau pesawat mengalami turbulensi yang buruk. Berikut ini saya bagikan tips mengatasi rasa takut naik pesawat.

Sebelumnya, mari ketahui bersama terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab rasa takut naik pesawat.

Apa Penyebab Rasa Takut Naik Peswat?

Ada beberapa hal mungkin dapat mempengaruhi rasa takut naik pesawat. Hal itu bisa disebabkan oleh satu pengaruh langsung atau kombinasi dari beberapa faktor. Pengaruh langsung terhadap rasa takut naik pesawat kemungkinan disebabkan adanya pengalaman atau kejadian traumatis yang pernah Anda alami saat naik pesawat. Sedangkan kombinasi faktor lain adalah seperti rasa tidak tenang dan di luar kendali ketika berada di dalam kabin pesawat. Hal tersebut bisa dikarenakan kabin pesawat yang terasa penuh dan padat, sehingga dapat memicu emosi, dan akhirnya membuat Anda berada di luar kendali.

Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat. Foto: abcnews.com

Berikut ini tips mengatasi rasa takut naik pesawat yang mungkin bisa mengurangi rasa tidak nyaman Anda pada saat ingin naik pesawat.

  1. Tarik napas dalam-dalam selama 4 hitungan, lalu lepaskan selama 6 hitungan.
  2. Temukan fokus. Silangkan pergelangan kaki di bawah, silangkan tangan Anda di depan dada, dan bernafaslah dalam-dalam.
  3. Hilangkan gangguan stres. Tutup jendela pesawat sehingga Anda tidak terganggu dengan elemen-elemen lain yang bergerak.
  4. Antisipasi kecemasan. Lakukan latihan mindfulness dan meditasi setiap hari 1 atau 2 minggu sebelum penerbangan.
  5. Bersiaplah dengan elemen yang menenangkan. Temukan hal-hal yang membantu Anda tetap fokus. Dengarkan musik yang menenangkan, dan jauhi hal-hal yang mengandung gula karena gula merupakan stimulan.
  6. Cari tahu apa yang membuat Anda merasa takut. Apakah Anda takut kehilangan kontrol? Apakah Anda takut mati? Apakah Anda mengalami klaustrofobia? Pemicu yang berbeda membutuhkan hal yang berbeda untuk membantu menenangkannya. Jika fakta tentang keselamatan penerbangan akan membuat Anda merasa lebih baik, ketahuilah bahwa sebenarnya pesawat jauh lebih aman dibandingkan mode transportasi yang lain.

Nah, itulah penyebab dan tips mengatasi rasa takut naik pesawat yang bisa Anda coba. Jika rasa takut sering menghantui hidup Anda dengan cara yang tidak dapat diatur, maka penting untuk segera menghubungi seorang medis profesional. Profesional akan dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab rasa takut naik pesawat dan menemukan cara yang efektif untuk mengatasinya. Mereka juga dapat membantu Anda menemukan perawatan untuk memulihkan kesehatan mental dan fisik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+