5 Tips Mencegah Kram Kaki

24 November 2017

Kram, atau disebut juga sebagai “kejang otot” merupakan suatu kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba. Kram otot bisa menyebabkan rasa sakit ringan dan juga pengerasan pada otot. Kram otot umumnya terjadi pada atlet dan orang tua. Namun, siapapun tentunya bisa menderita kram otot. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya bagikan 5 tips mencegah kram kaki agar Anda bisa menghindarinya.

Sebelumnya, mari simak alasan kenapa kram bisa muncul?

Mengapa kram bisa muncul?

Dalam kebanyakan kasus, kram bisa muncul malam hari pada saat Anda sedang tertidur dan biasanya rasa sakit ada di bagian betis, kaki, atau paha. Meskipun tidak memiliki bahaya yang besar, kram harusnya bisa dicegah dengan melakukan peregangan dan perubahan dalam kebiasaan sehari-hari.

Penyebab utama dari kram ada 2, yaitu (1) makanan dan (2) gerakan.

Penyebab kram: Makanan

Saat membicarakan nutrisi, ada baiknya mengetahui beberapa hal. Misalnya dehidrasi bisa menyebabkan masalah ini. Selain itu, tidak mengkonsumsi magnesium, kalsium, atau potasium yang baik juga bisa menyebabkan kram.

Selain itu, kram juga bisa muncul jika Anda meminum obat-obat tertentu, seperti diuretik, obat untuk tekanan darah tinggi, dan beta blocker.

Penyebab kram: Gerakan

Penyebab kram dari gerakan ada 2, yaitu terlalu banyak bergerak dan terlalu sedikit bergerak. Kram bisa muncul karena terlalu banyak berolahraga atau kegiatan (misalnya, atlet yang tidak meregang sebelum berolahraga). Juga, kram bisa muncul dengan alasan sebaliknya, yaitu terlalu sedikit bergerak (misalnya pada pekerja kantor atau mereka yang memiliki kebiasaan yang sangat tidak aktif).

5 Tips Mencegah Kram Kaki

5 Tips Mencegah Kram Kaki

5 Tips Mencegah Kram Kaki

1. Tetap terhidrasi

Minum air putih minimal 8 gelas per hari sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan jumlah air tersebut, tubuh memungkinkan sel dan organ bekerja sebagaimana mestinya. Hal yang sama juga terjadi pada otot, tendon, dan darah. Pada kondisi lain, misalnya melakukan aktivitas fisik atau sedang berada di luar musim panas, maka Anda harus minum minimal 12 gelar air per hari.

Untuk menghindari dehidrasi, Anda bisa memilih untuk meminum cairan lain juga. Misalnya, Anda bisa minum teh herbal dan jus alami. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar air tinggi, seperti tomat, mentimun, dan bayam.

2. Peregangan

Peregangan perlu dilakukan setiap hari, tidak peduli apakah Anda ingin berolahraga atau tidak. Anda harus selalu meregangkan otot dengan baik setiap harinya. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah kram malam dan sakit otot. Peregangan badan dianjurkan dilakukan sebelum tidur.

3. Olahraga

Bersepeda, joging, atau berlatih yoga bisa menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dan dapat mencegah timbulnya kram otot. Bahkan, hanya dengan berjalan-jalan sebentar di taman, hal ini bisa cukup membantu untuk mencegah kram.

Dengan cara ini, otot Anda akan lebih kuat dan aktif. Sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

4. Makanlah diet seimbang

Nutrisi adalah dasar kesehatan Anda. Jika Anda makan dengan diet yang tidak seimbang, maka akan cenderung mengalami kejang otot. Pilihlah makanan yang kaya potasium (pisang) dan magnesium. Hal ini akan membantu mencegah  munculnya kram di malam hari. Selain itu, Anda juga harus makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Serta, berhentilah makan tepung halus, gula, dan makanan yang digoreng.

5. Gunakan alas kaki yang bagus

Kram sering sekali muncul karena cara berjalan yang salah. Misalnya, wanita yang menghabiskan berjam-jam berolahraga tanpa menggunakan alas kaki yang baik biasanya lebih sering mengalami kejang otot.

Cobalah memilih sepatu yang memungkinkan menopang bagian bawah kaki Anda. Selain itu, juga perhatikan kaus kaki Anda. Jika terlalu ketat dapat menghalangi aliran darah. Hal tersebut dapat mengencangkan otot secara signifikan dan membuat otot lebih rentan terhadap kram.

Nah, itulah 5 tips mencegah kram kaki yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+