Tips Mencegah Bibir Kering saat Musim Dingin

22 November 2017

Bibir kering dan cuaca di musim dingin selalu berjalan beriringan. Pada musim dingin, bibir akan menjadi lebih sensitif dan kekurangan kelenjar minyak dan keringat. Hal ini akan menyebabkan bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan mungkin terasa sakit. Nah, dalam artikel ini, saya akan membagikan tips mencegah bibir kering saat musim dingin yang bisa Anda terapkan di rumah.

Tips Mencegah Bibir Kering saat Musim Dingin

Tips Mencegah Bibir Kering saat Musim Dingin

Tips Mencegah Bibir Kering saat Musim Dingin

1. Hindari Menjilati atau Mengelupas Bibir

Bagi sebagian orang mungkin merasa tergoda untuk menjilat, menggigit, atau mengelupas bibir selama musim dingin. Meskipun Anda mungkin mendapatkan dorongan untuk melakukan itu, tapi cobalah untuk tidak menyentuh bibir sama sekali. Menggigit atau mengelupas bibir dapat menyebabkan bibir berdarah dan pecah. Menjilati bibir juga bisa menyebabkan bibir menjadi lebih kering, karena air liur bisa menghilangkan kelembaban bibir.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi lebih banyak makanan kaya vitamin A, B, C, dan E akan membantu mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah pada musim dingin.

Vitamin A
Vitamin A membantu menjaga dan memperbaiki jaringanAnda, terutama bibir kering karena penuaan. Makanan yang kaya akan vitamin A meliputi kentang manis, wortel, melon, ikan, dan buah-buahan tropis.

Vitamin B
Vitamin B membantu mempertahankan kelembaban di bibir, membuat bibir tampak dan terasa halus sepanjang musim dingin. Makanan yang kaya vitamin B termasuk sereal, telur, ayam, ikan, asparagus, bayam, dan kacang-kacangan.

Vitamin C
Vitamin C meningkatkan produksi kolagen di bibir sehingga dapat memperbaiki bibir dari efek sinar matahari. Makanan yang kaya akan vitamin C termasuk buah sitrus, tomat, kacang polong, brokoli, buah beri, pepaya, dan paprika.

Vitamin E
Vitamin E membantu menghaluskan garis-garis halus dan keriput di sekitar bibir. Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang almond, alpukat, kangkung, bayam, biji, labu, minyak tumbuhan, kerang, ikan, dan buah-buahan.

3. Tetap Terhidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kulit kering di musim dingin. Pastikan Anda minum cukup air – setidaknya 8 gelas setiap hari – untuk melembabkan dan melindungi kulit Anda.

4. Gunakan Lip Balm

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi bibir kering adalah dengan menggunakan lip balm. Lip balm dapat membantu melembutkan dan melindungi bibir dengan bahan pelembab, memberikan nuansa yang lebih halus. Kapan pun Anda merasa bibir terasa kering, maka langsung saja untuk mengoleskannya di bibir Anda. Namun, sebelum membeli lip balm, bersikaplah selektif saat memilahnya dan perhatikan secara detail bahan-bahannya untuk menghindari reaksi alergi yang mungkin terjadi pada Anda. Jika bibir Anda lebih pecah dari biasanya, coba gunakan petroleum jelly untuk membantu bibir Anda sembuh dengan cepat dan untuk perlindungan lebih lanjut.

5. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga buruk bagi bibir Anda. Merokok bisa meninggalkan bintik hitam dan membuat bibir menjadi pecah-pecah. Sebaiknya berhenti merokok di musim dingin untuk mencegah bibir menjadi kering atau gunakan lip balm setelah setiap kali Anda selesai merokok.

Nah, itulah Tips Mencegah Bibir Kering saat Musim Dingin yang bisa Anda coba. Semoga bisa bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+