5 Manfaat Kesehatan Teh Bawang Putih

18 November 2017

Anda mungkin sudah tahu bahwa bawang putih memiliki manfaat kesehatan jika ditambahkan di dalam makanan. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa ternyata bawang putih juga memiliki manfaat kesehatan jika disajikan dalam bentuk teh. Teh bawang putih adalah minuman hangat yang dibuat dari bawang putih, dan meski tidak terdengar seperti minuman yang enak, minuman ini bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Bawang putih secara ilmiah dikenal sebagai Allium sativum dan mengandung vitamin A, B, dan C dalam jumlah yang tinggi, senyawa sulfat, allicin, berbagai antioksidan, dan bahan aktif lainnya.

Selama ribuan tahun, teh bawang putih telah menjadi obat alami yang terpercaya. Rasa saat pertama kali meminum teh bawang putih ini memang agak kurang enak, namun saya yakin Anda pasti akan terkejut dengan energi tambahan dan efek kesehatan secara keseluruhan yang didapatkan hanya dari minum secangkir teh bawang putih setiap hari.

Ada beberapa efek samping potensial yang harus diperhatikan, seperti mulas, mual, muntah, dan risiko gangguan perdarahan lebih tinggi. Namun, efek samping ini hanya dialami jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak teh bawang putih atau karena alergi.

Berikut ini saya bagikan 5 manfaat kesehatan teh bawang putih yang bisa Anda dapatkan.

5 Manfaat Kesehatan Teh Bawang Putih

5 Manfaat Kesehatan Teh Bawang Putih

5 Manfaat Kesehatan Teh Bawang Putih

1. Meningkatkan Imunitas

Bawang putih mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, seperti allicin. Oleh karena, teh bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi dari berbagai macam patogen infeksius, terutama yang tertelan bersama makanan.

2. Mengatur Tekanan Darah

Studi telah membuktikan bahwa bahan aktif dari bawang putih dapat mengatasi tekanan darah rendah dan menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, teh bawang putih dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, stroke, serta penyakit jantung koroner.

3. Meningkatkan Sistem Pernapasan

Jika Anda menderita batuk, pilek, sakit tenggorokan atau kongesti sinus, maka secangkir teh bawang putih bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dan mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Selain itu, teh bawang putih juga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi yang mendasarinya.

4. Menurunkan Berat Badan

Teh bawang putih mampu merangsang metabolisme, sehingga bisa meningkatkan pembakaran lemak pasif dan membantu Anda dalam usaha menurunkan berat badan, sekaligus juga menekan nafsu makan.

5. Menyediakan Energi Tambahan

Studi telah membuktikan bahwa minum secangkir teh bawang putih setiap pagi dapat meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan.

Cara Membuat Teh Bawang Putih

Membuat teh bawang putih dapat Anda lakukan sendiri di rumah karena cara membuatnya sangat sederhana.

Bahan

  • 4 siung bawang putih
  • 3 gelas air
  • 1/2 cangkir jus lemon
  • 2 sendok makan madu

Langkah Pembuatan Teh Bawang Putih

  1. Kupas siung dan lepaskan lapisan papery.
  2. Tambahkan bawang putih dan air ke dalam panci.
  3. Panaskan campuran bawang putih dan air hingga mendidih.
  4. Tambahkan madu dan jus lemon ke dalam teh dan aduk hingga merata.
  5. Saring cairan teh ke dalam cangkir dan nikmati 1-2 kali per hari.
  6. Simpan jus bawang putih ke dalam kulkas dan panaskan kembali untuk digunakan maksimal dalam 2 hari.

Nah, itulah 5 manfaat kesehatan teh bawang putih dan cara membuatnya yang bisa Anda coba di rumah. Bawang putih mudah didapat, cara pembuatan teh bawang putih pun sangat mudah, namun efek kesehatan yang ditimbulkannya bisa sangat bermanfaat. Silakan dicoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+