Ketahuilah Faktor Penyebab Masalah Perut Kembung di Pagi Hari

28 Oktober 2017

Masalah sepele seperti perut kembung yang terjadi hampir di setiap pagi tentunya akan membuat Anda menjadi merasa sangat terganggu bukan? Gangguan perut kembung memang dapat terjadi pada siapapun, dan hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Perut kembung merupakan salah satu gangguan pada organ pencernaan, yang akan menimbulkan efek begah dan membuat rasa tidak nyaman. Penting untuk diketahui, bahwa ketika sedang makan, minum atau menelan air liur tanpa sengaja Anda pun akan menelan sedikit udara yang pada akhirnya akan terakumulasi di bagian usus.

Pada saat terjadi timbunan gas di dalam perut maka Anda harus mengeluarkan gas tersebut misalnya dengan bersendawa ataupun buang angin. Hal ini berguna untuk mengurangi tumpukan gas di dalam perut. Untuk gangguan perut kembung ini bisa dikarenakan adanya gejala suatu penyakit, pola makan yang tidak teratur dan jenis makanan yang dikonsumsi. Akan tetapi jika masalah perut kembung ini selalu muncul di pagi hari, maka bisa jadi diakibatkan oleh beberapa hal di antaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Perut Kembung di Pagi Hari

Ketahuilah Faktor Penyebab Masalah Perut Kembung di Pagi Hari

Ketahuilah Faktor Penyebab Masalah Perut Kembung di Pagi Hari

1. Makan Malam Yang Berlebihan

Jangan kira makan malam Anda tidak memberi pengaruh pada kondisi perut di pagi harinya. Sebab jika Anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan pada malam hari, akan membuat masalah perut kembung di kala pagi. Hal ini dikarenakan pada malam hari organ pencernaan tidak akan mencerna makanan secara maksimal.
Terlebih jika setelah makan Anda segera terlelap, maka sistem pencernaan akan lebih mengalami kesulitan lagi untuk mencoba mencerna segala makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Hal ini akan membuat perut Anda terasa begah dan kembung di pagi hari.

2. Waktu Makan Malam Yang Terlalu Larut

Malam hari merupakan waktunya tubuh untuk beristirahat, bahkan di malam hari seluruh organ tubuh akan lebih santai lagi dalam melakukan tugas-tugasnya. Salah satunya adalah sistem pencernaan pada manusia, yang akan segera melambat untuk melakukan pekerjaannya yaitu mencerna makanan. Di saat Anda tertidur, sistem pencernaan juga akan ikut istirahat, sehingga jika Anda memutuskan untuk terus makan di saat sudah malam, maka akan berdampak kurang baik untuk organ pencernaan dan juga kondisi perut di keesokan harinya.

Makan malam terlalu larut akan membuat makanan yang masuk ke dalam perut tidak bisa dicerna secara maksimal dan akan terakumulasi dengan gas. Dan akhirnya akan menimbulkan masalah perut kembung. Dan saat sistem pencernaan beristirahat di malam hari tentunya tidak akan mampu mengeluarkan banyaknya gas yang tertimbun dalam perut. Hal ini akan menjadikan perut terasa penuh dan membuat Anda merasa tidak nyaman dibuatnya.

3. Akibat Stres

Tuntutan pekerjaan, masalah sehari-hari yang harus dihadapi tentunya akan membuat Anda rentan terhadap masalah stres. Dan biasanya di saat stres melanda akan membuat perut menjadi terasa kembung. Hal tersebut akan terjadi, karena rasa cemas, gelisah yang terus menyelimuti pikiran akan membuat hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil. Dan dari sinilah akhirnya akan merangsang reaksi organ otak dan juga perut.

Bahkan stres dapat menimbulkan gangguan pencernaan lainnya seperti masalah diare yang terjadi secara mendadak dan tanpa adanya penyebab yang jelas. Sehingga jika Anda menderita perut kembung setiap pagi, maka bisa jadi hal tersebut adalah imbas dari adanya rasa stres dan kecemasan yang Anda rasakan.

Demikian beberapa hal yang menjadi penyebab masalah perut kembung setiap pagi. Konsultasikanlah dengan dokter mengenai gangguan yang Anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+