Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

20 November 2017

Memiliki rambut yang terurai rapi tentu dapat meningkatkan harga diri seseorang. Rambut juga dapat membantu melindungi kulit kepala dari pencemaran lingkungan. Namun, terlepas dari semua ini rambut sering menjadi bagian tubuh yang paling tidak terurus, sehingga dapat menyebabkan rambut kering dan gatal. Rambut kering ditandai dengan hilangnya kilau dan tekstur normal pada rambut. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kondisioner. Namun, penggunaan kondisioner berbasis bahan kimia untuk jangka panjang harus dihindari karena kulit kepala adalah salah satu bagian sensitif dari tubuh. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan saya bagikan cara mengatasi rambut kering secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

1. Telur

Telur tinggi akan protein dan dapat berfungsi sebagai tonik terbaik untuk rambut kering. Kuning telur dapat bekerja dengan baik sebagai kondisioner alami. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur 2 kuning telur dengan 2 sendok teh minyak zaitun dan air. Oleskan campuran ini langsung di kulit kepala dan bilas setelah 1 jam.

Selain itu, telur juga bisa digunakan sebagai pelembab rambut. Caranya adalah dengan mencampur 3 butir telur dengan masing-masing 1 sdm (sendok makan) minyak zaitun, cuka, dan minyak kelapa, serta menambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary. Oleskan campuran ini di kulit kepala selama 20 menit sebelum keramas.

2. Mayones

Mayones terdiri dari 2 bahan utama, yaitu telur dan minyak. Oleh karena itu, mayones juga bisa digunakan sebagai kondisioner alami. Selain itu, mayones juga mengandung cuka yang berfungsi sebagai desinfektan terhadap jamur dan bakteri yang bisa menetap di kulit kepala. Campuran bahan tersebut membuat mayones kaya akan protein dan dapat membuat rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan sehat. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan campuran di kulit kepala sambil dipijat. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Madu

Madu biasa diminum dan sering digunakan sebagai pemanis. Namun, bila dicampur dengan bahan yang tepat, madu bahkan bisa digunakan sebagai kondisioner alami rambut. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 2 sdm madu dengan 4 sdm minyak zaitun extra virgin dan 2 sdm gliserin. Gunakan campuran ini sebagai kondisioner biasa setelah menggunakan shampo. Cara penggunaan lain adalah dengan mencampur 2 sdm madu dan masing-masing 1 sdm buttermilk dan minyak kelapa. Buat pasta halus dengan cara mencampur rata dan kemudian oleskan ke rambut. Jaga agar rambut tetap tertutup setidaknya 20 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air.

4. Cuka Sari Apel

Penggunaan cuka sari apel sebagai kondisioner terbukti bermanfaat bagi untuk mengatasi rambut dan kulit kepala kering. Cuka sari apel bertindak sebagai desinfektan terhadap jamur yang menyebabkan radang penyebab kulit kepala kering. Siapkan cuka dengan melarutkan segenggam rosemary dalam 3 gelas air. Campuran ini perlu direbus terlebih dahulu lalu kemudian dimasak perlahan selama 45 menit. Setelah panas dan didinginkan, campurkan campuran ini dengan 1/2 cangkir cuka sari apel yang juga mengandung 10 tetes minyak esensial rosemary dan peppermint. Oleskan cuka sari apel langsung ke kulit kepala dan rambut dengan bantuan kapas. Biarkan selama 5-10 menit kemudian bilas.

Nah, itulah 4 cara mengatasi rambut kering secara alami tanpa menggunakan bahan kimia. Cara di atas sudah terbukti efektif dan pastinya aman jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selamat mencoba :)MR28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+